Rabu, 28 Oktober 2020

Penulis Muda Dan Berbakat


Resume 10 Guru Belajar Menulis


                                                        Mas Brian Penulis Berbakat
 

        Malam ini aku kembali mendengarkan materi belajar menulis bersama groupnya Om Jay, pematerinya adalah seorang guru muda yang sangat berbakat yaitu R Brian Prasetyawan. Mas Brian panggilannya karena beliau jauh muda dari ku. Mas Brian merasa senang sekali  diberi kesempatan untuk sharing tentang dunia menulis yang memang menjadi hobbinya dan hobbi kita semua.

        Mas Brian membahas hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyiapkan kumpulan resume untuk menjai naskah buku. Menurut Mas Brian kelanjutan proses penerbitan buku jika sudah menyelesaikan 20 resume. Teta[pi sebelumnya Mas Brian sharing tentang awal mula saya menulis buku. Mas Brian sudah ngeblog sejak 2009. Namun keinginan untuk membuat buku baru muncul pada akhir 2013, keinginan tersebut masih ada jejak digitalnya. Bisa dilihat di: https://www.liputan6.com/citizen6/read/782602/resolusi-2014-mencipta-buku-setahun-satu

        Ketika itu Mas Brian ingin menerbitkan buku pada 2014. Namun Mas Brian tidak punya mentor yang membimbing, tidak tahu harus masuk di komunitas apa dan  hanya tahu satu tempat menerbitkan buku secara mandiri yaitu nulisbuku.com. Disitu memang gratis, tapi tidak termasuk fasilitas desain cover dan ISBN. Jika mau dua hal itu harus bayar. Biayanya mungkin hampir sejuta. Ketika itu Mas Brian masih kuliah, tidak mungkin mengeluarkan biaya sebanyak itu dan  tidak tahu tempat lain untuk menerbitkan buku secara self publishing, katanya

        Semangat Mas Brian naik-turun dan akhirnya vakum. File naskah tersimpan saja di dalam laptop bertahun-tahun. Namun akhirnya pada 2019 Mas Brian mulai bangkit lagi karena tidak sengaja menemukan hashtag di Instagram tentang penerbit Indie. Matanya terbuka bahwa menerbitkan buku sekarang lebih mudah dan banyak pilihan dengan adanya penerbit indie.

        Mas Brian semangat menyelesaikan naskah saya hingga akhirnya pada Oktober 2020 lalu  mengirim naskah buku pertamanya ke salah satu penerbit Indie. Perlu waktu 3 bulan untuk menunggu sampai buku terbit, akhirnya pada akhir Januari 2020, buku pertamanya terbit. Setelah buku pertama terbit, barulah Mas Brian ketemu dengan grup pelatihan belajar menulis. Ketika itu memasuki gelombang 4, Mas Brian senang sekali berada satu grup dengan guru-guru yang juga suka menulis. Semangatnya menjadi berkali-kali lipat hingga menerbitkan buku solo pada Mei dan Juni 2020.

        Kemudian Mas Brian bengatakan bahwa Bapak/ibu beruntung bisa bergabung di grup ini. Bapak/ibu tinggal pilih mau menerbitkan buku dimana dan mendapat bimbingan. Pelatihan belajar menulis tidak menentukan penerbit tempat bapak/ibu menerbitkan buku. Silakan bapak/ibu bebas memilih penerbit. Pertemuan sebelumnya sudah ada Cak Inin dari Kamila Press dan Pak Thamrin Dahlan dari YPTD. Bapak/ibu sudah tahu ketentuan/persyaratan dari tiap penerbit tersebut. Saya pun juga mau memberi pilihan kepada bapak/ibu yaitu menerbitkan buku lewat Mas Brian. Katanya Ia bekerja sama dengan sebuah penerbit indie. Penerbit yang sudah menerbitkan bukunya bu Aam juga.

        Maka yang sebaiknnya bapak/ibu lakukan adalah memahami betul ketentuan tiap penerbit dan memilih yang cocok dengan bapak/ibu. Format naskah buku tidak ditentukan dari pelatihan belajar menulis, tapi menyesuaikan penerbit yang bapak/ibu pilih. Karena bisa saja antar penerbit beda format settingannya. Nah sekarang Mas Brian ingin membahas bagaimana menerbitkan buku jika lewat penerbit rekanan saya

        Menurut Mas Brian untuk menjadikan resume menjadi buku harus melakukan: Pertama, 20 tulisan resume digabung dalam satu file microsoft word. Nah settingan file microsoft word ini perlu disesuaikan dengan format penerbit. Kalau format penerbit rekanan Mas Brian:

Ukuran kertas A5 (14x20cm), Huruf times new roman, ukuran 12, Spasi 1,5, Margin 2 cm semua, Paragraf rata kiri-kanan (justify). Kemudian masukkan juga kelengkapan naskah dalam file naskah kumpulan resume. Kelengkapan naskah yaitu: cover ( judul buku dan nama penulis saja), kata pengantar, daftar isi (tanpa nomor halaman), profil penulis, sinopsis (3 paragraf. Masing-masing paragraf 3 kalimat) Urutannya sebagai beirkut:

Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, Isi naskah, Profil Penulis, Sinopsis

Jadi semuanya dalam satu file. Tidak dipisah-pisah menjadi beberapa file, jika sudah siap, silakan kirim ke WA Mas Brian katanya. Untuk di penerbit rekanan saya, tidak ada batas minimal jumlah halaman hanya 30 halaman A5 saja tetap diterbitkan. Kalau resume bapak/ibu nanti pasti lebih dari 90 halaman A5. Jadi tidak perlu ragu pada resumenya masing-masing.

         Semoga aku dapat memenuhi semua persyaratan dan dapat menerbitkan buku seperti yang lainnya. "Harus Bisa" Kata Hatiku. InsyaAllah.

 Alhamdulillah semoga materi malam ini membuat saya lebih semangat lagi dalam belajar menulis.

 Salam Semangat ( Sitti Hasnidar )

12 komentar: