Selasa, 13 Oktober 2020

GURU DIGITAL


Resume 4 Guru Belajar Menulis

                                                              Duta Rumah Belajar

Tidak terasa waktu bergulir sangat cepat sekali, baru saja kuluruskan badanku di atas sofa sembari beristirahat sejenak ternyata sudah pukul 19.20 WIB, akupun tersentak dan langsung bergegas menuju ruang kerjaku, karena waktu belajar menulis sudah dimulai. Bu Kanjeng sudah memulai pembelajaran dengan voice note-nya memperkenalkan pemateri malam itu Bapak  Hamzah Ramdani, S.Pd. Yang merupakan seorang guru dari SMPN 2 Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, beliau  lahir di Morowali, 22 Juni 1986, guru muda yang sangat berbakat dan merupakan salah seorang duta rumah belajar tahun 2019 serta pendamping Guru Penggerak. Bapak  Hamzah Ramdani memiliki banyak prestasi diantaranya Juara 1 Gurpres tingkat provinsi 2017 dan Juara 2 Inovasi Pembelajaran Masa Pandemi tingkat Provinsi Sulteng 2020 yang juga merupakan Instruktur Nasional kegiatan Rumah Belajar dan Konten Kreator.

Di sela-sela bemberikan materinya Bapak  Hamzah Ramdani tidak lupa memberikan contoh video pembelajaran yang telah dibuatnya, yaitu: https://youtu.be/PSJ2wA5LVD0 berisikan materi sistem gerak pada hewan dan tumbuhan dan https://youtu.be/1J2mCcpSOwY berisikan materi Perkembangbiakan hewan-teknologi Perkembangbikan hewan dan tumbuhan

Menurut Pak Hamzah untuk membuat video pembelajaran dapat dilakukan dengan  beberapa langkah berikut:

1. Analisis KI-Kd

2. Memilih indikaator  yg akan dibuatkan video pembelajaran

3. Mengumpulkan aset video

4. Proses perekaman

5. Editing video pembelajaran

6. Review dan revisi

Aset video yang dimaksud oleh Pak Hamzah adalah objek yang berisi informasi-informasi yang dibutuhkan dalam video. Aset dapat berupa foto, gambar atau video.

Untuk mendapatkan aset video dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti: melalui google, freepik.com, youtube. Jika menginginkan gambar revolusi tinggi, bisa menggunakan keyword HD pada google atau bisa juga PNG.

Aplikasi yang digunakan KineMaster, agar mudah dalam proses rendering atau publish pastikan kita menggunakan full version (resmi). Saran dari pak hamzah sebagai pemula sebaiknya membuat video pembelaran berdurasi 3 menit agar mudah dalam editing, review dan revisi.

Sungguh luar biasa materi yang disampaikan oleh Bapak  Hamzah Ramdani dan sangat mengispirasi saya dan berkeinginan melakukan hal yang sama untuk mermotivasi siswa dalam pembelajaran kimia yang dilakukan secara daring.

Salam Semangat ( Sitti Hasnidar )


9 komentar:

  1. Resumenya bagus sekali ... www.wyw1d.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Mantap Bu uraian dan bahasanya jelas mudah dipahami 👋

    BalasHapus
  3. Bagus bu resumenya lugas dan jelas..

    BalasHapus
  4. Mantap bu.. susunan bahasanya bagus

    BalasHapus
  5. Awal yang bagus, ternyata bu Sitti punya bakat terpendam

    BalasHapus
  6. Mantap sahabatku ternyata sangat berbakat

    BalasHapus
  7. Jika sekolah modern tambah canggih seiring perkembangan pendidikan menuju abad 21,namun kelemahannya kurang gerakan badan yg dulunya tampil didepan layar sekarang sembunyi dibelakang layar

    BalasHapus