Jumat, 04 Desember 2020

STRATEGI PEMASARAN BUKU SAAT PANDEMI COVID-19

 

 

 


            Malam ini, Jum'at, tanggal 6 November 2020, dengan  narasumber  Bapak Agustinus Subardana. Beliau adalah Direktur Pemasaran Penerbit Andi Yogyakarta. Menurut Bapak Agustinus buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak–anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

        Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

            Perkembangan industri penerbitan buku juga dipicu oleh alasan keuntungan (profit margin) yang relatif besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi. Saat ini terdapat 1.328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan sisanya sudah tidak aktif lagi.

        Tak terduga awal bulan Maret tahun 2019 ini telah datang wabah Virus Corona 2019 / Covid 19 yang menyebabkan makin terasa berat dalam perekonomian dalam negeri, terutama dari sisi konsumsi, korporasi, sektor keuangan, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dampak dari mewabahnya Covid 19 ini dirasakan betul oleh berbagai macam sektor, tidak terkecuali sektor usaha yang terkena dampak langsung akibat dari mewabahanya Covid 19. Adapun imbas yang dirasakan oleh pelaku usaha Penerbitan Buku seperti menurunnya pendapatan dan terganggunya kegiatan usaha dari pelaku usaha penerbitan Buku tersebut.

        Dampak Penjualan  Buku Selama COVID 19 sangat dirasakan betul oleh pelaku usaha bidang Penerbitan Buku . Dampak yang kami alami sebagai pelaku usaha Penerbitan Buku yaitu simak dalam rekaman saya ini :

Dampak penerbit sangat menurun selama covid-19 sejak bulan Maret hingga November 2020 ini. Toko buku juga sangat sepi dari pengnjung sehigga omset menurun sampai 60%. sehinga penerbit juga menurun dalam produksi buku. Pemasaran buku yang direc seling sementara ini juga tidak dapat bertemu langsung ke pihak sekolah dan perguruan tinggi sehingga juga omset menurun.


contoh ; toko buku tanpa ada pengunjung selama covid 19 di bulan Maret - Mei 2020


            Gambar di atas menunjukkan Grafik Penurunan Penjualan Buku di Gramedia selama pendemi Covid 19 dengan ulasan dalam rekaman suara sebagai sebagai berikut. Berdasarka grafik di atas, di awan bulan maret sudah mulai terjadi penurunan  jumlah penjualan buku di toko gramedia, dan di tahun 2020 ini sudah muilai merangkak naik walaupun belum signifikan, karena masyarakat masih khawatir dengan keadaan negara kita selama pandemi ini.

           Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , selama pandemic Covid 19 ini supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.

        Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

        Dari jenis-jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis .  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

        Saat ini  dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang  terus dijalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 15.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori (dapat di kunjungi ke website kami : www.andipublisher.com ).

        Strategi pemasaran buku, serangan darat on line dan ofline. Dua stratetgi tersebut dapan dijelaskan secara singkat sbb: strategi penjualan buku secara serangan udara (on line) ini perlu pentingnya transformasi digital.

 A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line )

1. Pentingnya Transformasi Digital

        Dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low-touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar ,  kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku .

        Adapun Manfaat Digital Marketing antara lain dalam penjelasan berikut ini:

  • Kenapa  menggunakan digital marketing ini, karena  biaya nya murah dan jangkauannya juga mudah, sampainya ke masyarakat juga cepat dan mudah.
  • Saat ini yg masih ngetren dan banyak dipakai banyak orang yaitu berpromosi lewat online dan media lainnya. langkah awalnya dengan membuat website, sehingga dapat direncakan dan dapat mengesi banyak produk, harga murah dan testemoni juga gampang kita tampilkan.
  • Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat :

- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada  sehingga kesetiaan  konsumen terjaga.

- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

- Menaikan penjualan dan profit

- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli, menjadikan tertarik beli )

 persepsi dan pendapat konsumen.

        Media Online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan penjualan buku yaitu sudah tidak asing lagi dibenak Bpk Ibu sekalian yaitu lewat telepon, w.a, sms, email, telegram, FB, Instragram, youtube, dll. Team pemasaran On line penerbit ANDI Offset mempunyai 20 staf tenaga pemasaran khusus menjangkau lewat dunia maya / on line . Kami Penerbit ANDI juga memasarkan buku lewat marketplace yang telah di tunjuk oleh Kemendikbut R.I melalui blanja.con, blibli.com dengan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) guna mendukung pengadaan barang dan jasa (PBJ) di sekolah melalui penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Reguler. "Inovasi dan elektronifikasi sektor PBJ merupakan suatu keniscayaan. Hal ini juga sesuai dengan amanat dan kebijakan pemerintah untuk penguatan tata kelola keuangan pendidikan melalui Perpres PBJ Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018,"

2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

        Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

     Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemarasan lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link  Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik.

 

B. Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE ).

        Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 42 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut. Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.Toko Buku

       Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

       Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.  Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.

        Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual. Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.

        Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan, antara lain sebagai berikut .. mohon di dengarkan suara saya ini. Strategi promosi di toko modren terutama  display buku menonjol, biasanya banyak dicari orang dan pengen membacanya. Memasang produk promo deng berbagai macam produk yg ada di toko, atau lewat buku tsb. Bedah buku

3. mengadakan iven tematik mis, program perpajakan

4. Pro aktif dengan pihak internal toko buku dengan menyapa, berikan pelayanan dengan senyum dan servis yg sebaik mungkin

 

                                             Contoh display buku di Toko gramedia.

Contoh Promo tematik khusus buku pertamanan dengan memberikan discount 20% ke konsumen


Tema Program buku Perpajakan di Gramedia saat ini.

2. Directselling / kunjungan langsung

        Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

 3.  Melakukan Event – Event

        Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

         Demikian yang dapat saya sampaikan Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi pemasaran buku yang terus berkembang. Akhir kata kami sebagai “Tenaga pemasarann buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam  menceraskan kehidupan bangsa Indonesia”.

        Menurut Pak Agus penerbit ANDI mempunyai idealisme dan penilaiannya sangat besar sekali dalam hal sisi kontennya, sisi  pasarnya, reportasinya penulis, idealis itu sangat kami pegang sekali,  untuk lebih jelas bisa baca blogspot pak agus di situ ada semua tentang idealis penerbit ANDI.

         Berdasdarkan pertanyaan dari peserta Pak Agus menjelaskan bahwa display buku beda dengan bazar buku,  krn kalo bazar itu sesuai iven tertentu, ttp jika dsiplay bnuku itu dalam hal obral karena buku sudah lama dan  biasanya di luar toko diletakkan.

           Urutan sistematika  buku pendidikan: menguasai bahan yang akan ditulis, misal buku pelajaran kimia sesuai kurikulum yang berlaku, karena itu bidang kita sendiri agar materinya bagus. Minat dari penulis sendiri sesuai minat yg dikuasai

        Penulis dengan Penerbit memiliki kedudukan setara; secara umum Penulis memandang Penerbit bertindak sebagai intermediary karya-karya yang akan disampaikan kepada masyarakat, sedangkan Penerbit memandang Penulis sebagai aset penting perusahaan yang menyebabkan proses penerbitan tetap berlangsung. Silahkan dibaca informasi penting ini buat anda yang ingin menerbitkan bukunya di https://literasikangagus.blogspot.com/2020/05/prosedur-penulisan-buku.html

        Luar biasa sekali materi perkuliahan malam ini, sehingga membuat saya pribadi semakin semangat dan tertantang untuk menyiapkan tulisan buku solo saya yang nantinya akan saya kirim ke penerbit. Semoga dapat terlaksana dengan baik.

 

Salam Literasi

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar