Kamis, 14 Juli 2022

Kegiatan Rapat Kerja SMAN 13 Banda Aceh

 







     

SMA Negeri 13 Banda Aceh mengadakan  Rapat Kerja (Raker) sebagai salah satu persiapan menyambut datangnya Tahun Pelajaran 2022-2023. Rapat kerja SMA Negeri 13 Banda Aceh  dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari tanggal 14 s.d 17 Juli 2022. Adapun yang bertindak sebagai kutua pelaksana dalam kegiatan raker ini adalah Ibu Dwi Astutu Anik, SE.
Rapat Kerja (Raker)  Tahun Pelajaran 2022 - 2023 memiliki tujuan selain mengevaluasi program SMA Negeri 13 Banda Aceh yang sedang berjalan, yaitu program yang sedang berjalan yaitu program SMA Negeri 13 Banda Aceh 2021 - 2022, juga menentuk program baru yang akan dilaksanakan Tahun Pelajaran 2022 - 2023.
         
        Rapat kerja yang berlangsung 4 hari ini dihadiri secara tatap muka yang dihadiri oleh:
1. Bapak Syarwan Joni, S. Pd., M.Pd (Kacabdin Wilayah Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar)
2. Bapak Samsul Bahri, S,Pd., M.Ed (Pengawas Pembina SMAN 13 Banda Aceh)
3. Bapak Ir. Hery Afian MS (Ketua Komite SMA Negeri 13 Banda Aceh)
4. Ibu Dr. Dra. Sitti Hasnidar, M.Pd (Kepala SMA Negeri 13 Banda Aceh)
5. Ibu Dr. Sri Rahmi, MA (Dosen UIN Ar Raniry)
6. Dra. Nurhayati, MM (Pemerhati Pendidikan Aceh
        Pada hari pertama yaitu hari Kamis, 14 Juli 2022 pada pukul 08.00 - 18.00 WIB adapun yang yang bertindak sebagai pembewa acara adalah Ibu Fauziah, S.Pd.I. Adapun susunan acara Raker adalah sebagai berikut:
1. Pembukaan  oleh Pembawa acara (Ibu Fauziah, S.Pd.I)
2. Kata sambutan Kepala SMA Negeri 13 Banda Aceh (Ibu Dr. Dra. Sitti Hasnidar, M.Pd
3. Kata sambutan dan Membuka kegiatan Raker  Kacabdin Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh 
    Besar (Bapak Syarwan Joni, S.Pd., M. Pd)
4. Pemateri pertama 'Penulisan Karya Tulis Ilmiah' (Ibu Dr. Dra. Sitti Hasnidar, M.Pd)
5. Pemateri kedua 'Guru Pembelajar dan Motivasi Kerja' (Ibu Dr. Sri Rahmi, MA)
6. Pemateri ketiga 'Motivasi Kerja' (Ibu Dra. Nuryahati, MM)

       Keluarga besar SMAN 13 Banda Aceh mengikuti kegiatan rapat kerja untuk meningkatkan kualitas kerja sehari-hari. Pendidik dan tenaga kependidikan SMAN 13 Banda Aceh bersama-sama siap untuk meningkatkan kinerjanya. Sesuai dengan tema "Upaya Membangun Karakter Pelajar Pancasila  Menuju Peningkatan  Kualitas Pembelajaran dan Mutu Lulusan".  Kepala sekolah memiliki harapan yang besar dengan rapat kerja tersebut dapat memberikan perubahan yang lebih baik kedepannya. 
melalui rapat kerja ini guru diberikan bekal tambahan agar kinerja yang sudah baik dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya. 


Dr. Sri Rahmi, MA

  Untuk meraih cita-citanya kepala sekolah mendatangkan narasumber yang handal untuk mempropokasi semua warga sekolah dalam meraih cita-cita besar itu. salah satunya narasumber yang diundang dalam rapat kerja tersebut ini adalah Ibu Dr. Sri Rahmi, MA yang merupakan dosen UIN Ar Raniry fakultas Tarbiyah yang juga merupakan ketua PPMPI (Perkumpulan Program Manajemen  Pendidikan Islam) Se-Indonesia.  

     Menurut Ibu Dr. Sri Rahmi, MA  'Banyaknya siswa yang masuk ke sekolah itu tergantung dari proses yang terjadi dalam lembaga pendidikan itu sendiri'. Jika  lulusan di suatu lembaga pendidikan itu dapat di terima pada suatu lembaga tinggi ketika siswanya keterima. jadi untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putra putrinya di lembaga pendidikan tersebut.

        Maka dari itu tingkatkanlah kompetensi pendidik dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. agar proses pembelajarannya di dalam kelas 

Rapat kerja berlangsung selama empat hari diawali pada hari Kamis, 14 Juli 2022 dan ditutup dengan rihlah bersama di hari Sabtu, 17 Juli 2022. Hari pertama dan kedua rapat kerja, dilaksanakan evaluasi dan pembahasan setiap komisi. Hari ketiga dilaksanakan pemaparan program oleh masing-masing wakasek dan ka. Lab dan Ka Pus dilanjutkan. Hari terakhir dilaksanakannya rapat kerja ditutup dengan rihlah bersama di  sekolah yang kami cintai. Pada hari itu disampaikan beberapa penghargaan untuk guru dan karyawan terbaik. Dengan berakhirnya rapat kerja ini, SMA Negeri 13 Banda Aceh. Baru siap menyongsong tahun ajaran baru sesuai dengan tema “...............................”.




 “Saya sangat senang karena baru pertama kali melakukan kegiatan ini selama menjadi pemimpin di SMA Negeri 13 Banda Aceh yang baru berumur 6 bulan. Selama berada di Lembaga Pendidikan SMA Negeri 13 Banda Aceh”. Rapat kerja guru atau biasa disingkat dengan raker merupakan kegiatan rutin tahunan menyambut tahun ajaran baru.  

Pada tahun ajaran baru kali ini, rapat kerja  guru diadakan selama empat hari, yakni pada tanggal 14-17 Juli 2022. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan Lembaga SMA St. Klaus Werang saja melainkan melibatkan juga Lembaga SMP St. Klaus Werang karena statusnya berada di bawah naungan yang sama yaitu Yayasan Ernesto. Rangkaian kegiatan ini berjalan dengan baik dan teratur. Semua guru sangat antusias mengikuti  kegiatan ini. Bahkan dalam sesi Asesment Kompetensi Minimal (AKM), para guru aktif berdiskusi bersama dengan pemateri. Antusiasme para guru didukung oleh kinerja panitia khusus yang memonitori jalannya kegiatan sehingga semuanya berjalan dengan lancar.  

Keseluruhan kegiatan rapat kerja guru bertujuan untuk mengetahui target utama yang  mesti dicapai oleh dewan guru sepanjang tahun ajaran baru sekaligus mencapai kebaikan bersama (bonum commune) yang diharapkan sekolah. Ibu Nini menjelaskan bahwa banyak hal baru yang ia peroleh selama mengikuti kegiatan tersebut terutama dalam perencanaan proses pembelajaran untuk tahun ajaran baru 2021/2022. “Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mencapai tujuan yang direncanakan pada tahun ajaran baru ini. Salah satunya adalah kegiatan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)” tuturnya. Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi kaum pendidik karena tuntutan dalam proses pembelajaran selanjutnya dengan menggunakan AKM. Selain kegiatan AKM, para guru juga mempersiapkan perangkat pembelajaran dan pembagian tugas tambahan selama satu semester ini. Adapun perangkat tersebut diantaranya: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Silabus, Program Tahunan (PROTA), Program Semester  (PROMES), Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan Alokasi waktu. 


Hak dan Kewajiban Guru

        Pemateri yang kedua yaitu Bapak Drs. Zakaria dari Disdik Aceh dengan materi 'Hak dan Kewajiban Guru' pemateri membahas tentang tugas dan tanggung jawab sebagai ASN (PNS dan PPPK)  harus  melaksanakan tugasnya. Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri  Nomor 12 Tahun 2008, Tentang Pedoman Analisis Beban Kerja di lingkungan  Depertemen Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah "ASN yang diangkat  (PNS/PPPK) harus melaksanakan tugas di tempat  ditetapkan berdasarkan SK pengangkatan 37,5 jam perminggu"

        Melaksanakan tugas sebagai guru, yaitu: merencanakan, melaksanakan, menilai, membimbing dan melaksanakan tugas tambahan  paling sedikit 24 - 40 jam perminggu (6 jam 9 menit). untuk guru BK melaksanakan tugas dengan 150 - 250 siswa satu guru jika mengambil rombel  (jumlah rombel : 2)  jika nilainya 0,5 dapat dibulatkan jadi satu) tugasnya.

        Untuk menghitung kebutuhan guru tidak dihitung tugas tambahannya, tetapi dihitung secara jumlah jam tatap  muka yang ada. 

tugas tambahan ekivalen: wali kels, pembina ekatra kurukuler, piket, koordinator PKG ( 6 Jam 9 menit), 

waka, ka lab, ka pus

 kewajiban guru: melaksanakan pembelajaran



Buat buku PKB guru sesuai kebutuhan kegu dalam memenuhi tuntutan dalam kenaikan pangkat sesaui jenjang karirnya. 



Kewajiban Tanggung Jawab dan Wewenang 


Hak (Kesejahteraan dan Perlindungan)

Perbedaan Manajemen PNS dan PPPK


Kriteria dan Daftar Jabatan PPPK


Hak Cuti:

Jenis-jenis Cuti (sesuai dengan Perka BKN No. 24 Tahun 2017):
1. Cuti alasan penting

2. Cuti melahirkan

3. Cuti sakit

4. Cuti Tahunan

5. Cuti Haji

6. Cuti ibadah kegamaan

7. Cuti studi

Perlindungan Guru

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 

Informasi Tambahan 

a. Cek data di info GTK

b. Penilaian kinerja guru (GTK)

c. Penilaian angka kredit (PAK) guru

d. Gaji dan Tunjangan PPPK


Kesimpulan:

Bagi PNS dan PPPK wajib berada ditempat maksimal 24 jam 

tendik waktu kerjanya 70 

memberikan teguran jika tendik dan guru lali dalam tugas dan watu berada di sekolah: 


Narasumber berikutnya : Ibu Dra. Nurhayati, MM (Tim Ahli Dinas Pendidikan Aceh) dengan materi 'Motivasi Kerja dalam Lingkungan Satuan Pendidikan'. Pendidik dan Tenaga Kependidikan diharapkan bersama-sama dalam memajukan pendidikan di satuan pendidikan, secara bersama-sama. Setiap tendik membuat jadwal kerjanya sesuai dengan jam wajib perminggunya, sehingga semua pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik pada setiap harinya sehingga efektif dan efisien.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar